Scoring Music (Film, animation, video games)

22.42 Bagus P. Indiarto 0 Comments


Ini sebenarnya hanyalah salah satu hobby saya yang akhirnya saya geluti sampai saat ini. Karna dari dulu memang saya sudah menyukai seni khususnya pada bidang musik (karena seni itu sangat luas.. hehehe).

Awal perjalanan saya pada hobby musik ini adalah ketika saya duduk dibangku sekolah dasar. Dulu memang sudah banyak sekali teman-teman yang pandai bermain musik, saya juga kepingin bisa. Akhirnya saya coba mulai dari memainkan alat recorder dan gitar. Karna pada saat itu yang saya tahu hanya baru itu alat musiknya. Beli recorder, pinjam gitar teman, karna gak punya... hehehe

Ada seorang karib saya yang saya rindukan sampai saat ini, ia mengenalkan saya pada band Linkin Park, saya dengarin terus ternyata enak juga. Lalu ia mengajak saya untuk nge-band (awal mula saya nge-band). Wah saya bingung tuh karna belum pernah pegang gitar elektrik. Akhirnya dicobalah, lama kelamaan kok terasa makin asyik. Dari sana saya kembangkan lagi kemampuan saya dalam bermain gitar, ternyata masih kalah jauh sama yang mahir memainkan alat musik gitar... hehehe

Lanjut ke sekolah menengah pertama. Nah disini sudah mulai sering nge-band (latihan) buat manggung. Latihan kemana-mana, buat grup band karna ada PENSI. Di PENSI banyak banget yang bagus permainannya akhirnya giliran tampil jadi grogi, soundsystem gitar saya gak nyala, malulah saya dilihatin banyak orang. Itu pengalaman yang tak terlupakan kalau akan manggung terlebih dahulu cek soundnya udah nyala atau belum. Di sekolah menengah pertama ini juga saya mencoba untuk membuat atau menuliskan lagu (yang kebanyakan lagu galau tapi gak juga, ada kok yang tentang masa depan), belajar secara otodidak, ngulik lagu dan sebagainya. Lagu yang sudah dibuat direkam, menyoba membawakan lagu sendiri bersama teman-teman saya saat latihan di sudio (nge-band), ternyata alhamdulillah pada suka. Sampai saat ini banyak sekali lagu yang sudah saya ciptakan dan hanya saya jadikan sebagai bahan untuk recording yang asli.

Lanjut ke sekolah menengah atas. Maaf ya, disini saya agak lupa bagaimana ceritanya di masa sekolah ini. Intinya tetap ada yang sama dengan di sekolah menengah pertama, tetap latihan  di studio maupun diluar studio. Saya tetap menciptakan lagu sendiri. Udah gitu aja... hehehe


Lanjut ke masa kampus. Nah disini saya mendapatkan kesempatan dalam acara Open Animation Competition Compfest 2013 yang diselanggarakan oleh Universitas Indonesia, Depok sebagai Sound Engineer dalam proses pembuatan animasi 3D OpenSource. Diacara itu banyak sekali yang saya dapatkan dari segi pengalaman, pengetahuan, kenalan baru, kerja tim yang baik, kegigihan, kreativitas, imaginasi, dan sebagainya yang sangat luar biasa. Alhamdulillah kami Tim Lupis berhasil menjadi pemenang / juara pertama (satu) di acara Open Animation Competition Compfest 2013 di Universitas Indonesia, Depok. Saya bersyukur mendapatkan tim yang sangat luar biasa.

Setelah dari sini, kemudian saya memilih untuk fokus pada bidang scoring film, animasi, dan video game. Karna didasarkan saya memang sudah senang bermain game. Selama bermain game saya selalu amati backsoundnya, soundtrack gamenya, dan apapun yang berhubungan dengan sound (musik). Karna musik seperti itu tidak akan pudar, luar biasa dan dapat menghidupkan gambar / pergerakan yang ada pada layar tersebut sehingga menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Saya sampai saat ini masih terus belajar untuk bagaimana menciptakan sound yang dapat menghidupkan dari gambar tersebut. Saya ikutin course tentang produksi musik untuk film untuk lebih mengetahui tentang hal itu. Karna setelah saya pelajari materinya, ternyata tidak semudah seperti membuat asal-asalan musik. Materi produksi musik tidak jauh dari ilmu matematika dan banyak sekali, jadi mesti tetap bersabar dan berusaha dalam mempelajari itu yang nantinya akan menjadi suatu kebanggaan dan rasa puas dari hasil yang diperoleh.

Sekiranya hanya itu saja perjalanan saya di bidang musik ini. Karna sebenarnya masih banyak dan panjang untuk diceritakan... hehehe

Jangan lupa ditunggu ya postingan selanjutnya :)